Home » » Perbedaan antara karbohidrat kompleks dan sederhana

Perbedaan antara karbohidrat kompleks dan sederhana

Pertama apa itu karbohidrat ? Karbohidrat adalah salah satu dari tiga makro nutrisi , yang fundamental dalam diet seimbang  yang bertanggung jawab untuk menyediakan kalori yang diperlukan untuk produksi energi. Karbohidrat menyediakan lebih dari 60 % dari energi yang dibutuhkan tubuh Anda .

Karbohidrat sederhanaAda dua jenis karbohidrat yaitu Karbohidrat sederhana ( Juga dikenal sebagai gula sederhana ) dan Kompleks . Karbohidrat sederhana itu struktur kimianya hanya terdiri dari satu atau dua molekul gula , yang berarti mereka menyerap ke dalam tubuh Anda sangat cepat dan umumnya tidak baik untuk Anda dan harus dikonsumsi dalam jumlah kecil jika sama sekali .Contoh makanan yang mengandung karbohidrat sederhana :
 
    gula meja
    
gula merah
    
sirup jagung
    
madu
    
Maple sirup
    
Selai dan jeli
    
minuman ringan
    
permenKarbohidrat kompleks yang terdiri dari tiga atau lebih molekul gula. Gula ini sebagian besar kaya serat , vitamin dan mineral dan diserap oleh tubuh jauh lebih lambat maka karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks lebih baik bagi kesehatan dan merupakan sumber utama bahan bakar untuk energi yang dibutuhkan tubuh anda.Contoh makanan sumber karbohidrat kompleks

    
sayuran hijau
    
Makanan gandum seperti oatmeal dan beras merah
    
Roti gandum dan pasta
    
kacang-kacangan dan biji-bijian